Soal Perbup 12/2016, Komisi A : “Jangan terlalu Teknis”

Soal Perbup 12/2016, Komisi A : “Jangan terlalu Teknis”

159 Pembaca
0
Anggota Komisi A dari Fraksi PKB, Kartiyono,
Anggota Komisi A dari Fraksi PKB, Kartiyono,

News PKB Jombang – Peraturan Bupati tentang tata cara pengalokasian, penyaluran, penggunaan dan pertanggungjawaban Dana Desa (DD)

Nomer 5/2016 yang kemudian direvisi dengan Perbup 12/2016 dianggap terlalu detail mengatur besaran angka DD yang harus dianggarkan.

Hal itu kemudian menjadi polemik karena dituding mengebiri otonomi desa dalam melakukan penganggaran yang sesuai dengan kebutuhan di desa setempat.

Terkait polemik tersebut anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jombang, Kartiyono menyatakan, rambu-rambu yang diberikan Bupati melalui Perbup tersebut memang terlalu teknis.

“Jadinya desa sendiri cenderung terjebak kepada kegiatan monoton dan programnya juga terkesan bersifat rutinitas,” kata Wakil Ketua Fraksi PKB ini, Kamis (11/8/2016).

Menurut Kartiyono, semangat UU Desa Nomer 6/2014 memberikan ruang seluas-luasnya kepada desa untuk memgelola sumber dayanya termasuk keuangan desa.

“Saya kira semangata yang ada di undang-undang desa belum tertangkap secara utuh. Titik tekan Perbup semestinya pada pengendalian. Jadi lebih fokus pada sisi pengawasan penggunaan anggaranya agar desa bisa lebih bisa leluasa mengoptimalisasi potensi Desanya,” pungkas Kartiyono, yang juga Ketua PAC PKB Kabuh ini.(ans/slh).

Komentar

Powered by Facebook Comments