Komisi C Temukan Sembilan Titik Tanggul Kritis

Komisi C Temukan Sembilan Titik Tanggul Kritis

65 Pembaca
0
Ketua Komisi C H. Mas'ud Zuremi menunjuk salah satu titik kritis tanggul Sungai Gunting di SumobitoKetua Komisi C H. Mas'ud Zuremi menunjuk salah satu titik kritis tanggul Sungai Gunting di Sumobito
Ketua Komisi C H. Mas'ud Zuremi menunjuk salah satu titik kritis tanggul Sungai Gunting di Sumobito

News PKB Jombang – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang dalam inspeksi lapangan di hulu Sungai Gunting di wilayah utara Kecamatan Mojoagung hingga wilayah Kecamatan Sumobito kemarin (16/3/2016) menemukan sembilan titik tanggul yang kritis. Kondisi itu dianggap membahayakan oleh komisi DPRD yang membidani pembangunan dan infrastruktur.

H. Mas’ud Zuremi, Ketua Komisi C DPRD Jombang menyatakan (17/3/2016), kondisi kritis yang ditemukan di lapangan berbeda-beda. Sebagian ada yang mengalami penipisan karena tergerus oleh arus sungai yang cukup besar, sebagian lainnya ada yang lembek karena genangan dan sebagian bahkan tanggulnya jebol dan tinggal bibir sungai.

“Seperti yang ada di Desa Karobelah Mojoagung, di sisi timur kita temukan beberapa titik tanggulnya sudah tidak ada. Jadi pekarangan warga langsung berbatasan dengan bibir sungai. Daerah ini menjadi langganan banjir setiap kali terjadi luapan sungai Gunting,” terang Bendahara Dewan Pengurus Wilayah PKB ini.

Dari temuan tersebut Mas’ud mendesak Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Jombang berkoordinasi dengan instansi terkait di Pemprov untum mengatasi masalah tersebut. “Perlu dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemprov soal perawatan tanggul, rehabilitasi, skema pembiayaan dan lainnya,” pungkasnya.

Sembilan titik yang ditemukan Komisi C tersebut tersebar sepanjang aliran sungai mulai dari utara wilayah Kecamatan Mojoagung sampai Kecamatan Sumobito. Masing-masing berada di Desa Karobelah Kecamatan Mojoagung, Desa Kedungpapar Kecamatan Sumobito, Desa Sumobito dan Desa Talunkidul.(ans/slh).

Komentar

Powered by Facebook Comments